Dana APBD 2014 Jateng Difokuskan Bangun Infrastruktur

Purbalingga -Banyaknya keluhan dari masyarakat Jawa Tengah mengenai infrastruktur. Untuk itu, pada tahun 2014 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan memfokuskan alokasi dananya sebesar Rp 2,2 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Sedangkan untuk pembangunan jalan, jembatan dan irigasi akan dialokasikan Rp 1,2 triliun.

"Di twitter saya banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan mengenai jalan-jalan yang rusak," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di sela-sela peringatan Hari Pangan Sedunia ke-33 dan Hari Nusantara ke-14 di Purbalingga, Rabu (20/11/2013).


Menurut dia, pembangunan infrastruktur sangat penting dan akan diutamakan. Oleh karena itu, APBD Jateng 2014 akan di fokuskan untuk membangun jalan, jembatan dan saluran irigasi.


"Pada APBD 2014 mendatang, alokasi pembangunan infrastruktur mencapai Rp 1,2 triliun. Selain itu, Rp 750 miliar disediakan untuk kabupaten/kota dan Rp 425 milar lainnya untuk desa. Seluruhnya kami minta untuk membangun infrastruktur," jelasnya.


Dia mengungkapkan, untuk bantuan dana infrastruktur Kabupaten/Kota nantinya akan dialokasikan dalam APBD 2014 Pemprov Jateng sebesar Rp 750 miliar. Dana tersebut harus dipakai untuk membangun infrastruktur, selain itu termasuk anggaran Rp 425 miliar bagi desa-desa di seluruh Jateng.


"Untuk desa yang miskin mendapat jatah Rp 100 juta, desa sedang Rp 60 juta dan desa yang sudah baik Rp 40 juta," ungkapnya.


(arb/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!