BUMN Jangan Hanya 'Jago Kandang'

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terus mendorong perusahaan pelat merah melebarkan sayapnya ke dunia internasional. Sudah saatnya BUMN bermain di tingkat global.

"Kita sudah waktunya untuk menjadi bukan lagi jago kandang. Sudah waktunya Indonesia naik kelas jadi jago regional," ucap Dahlan saat berbicang dengan detikFinance seperti dikutip Sabtu (23/11/2013).


Menurutnya BUMN di sektor perbankan, kontruksi, telekomunikasi hingga perkebunan memiliki kemampuan untuk go internasional.


"Bank sudah pasti, telekomunikasi, kontraktor, perkebunan nanti," jelasnya.


Menurutnya BUMN Indonesia saat ini mulai agresif melakukan ekspansi di negeri tetangga Timor Leste. Beberapa BUMN seperti perbankan, kontruksi hingga telekomunikasi aktif memperlebarkan sayapnya di bekas provinsi ke-27 Indonesia ini. Bahkan ia mendorong PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) lebih agresif lagi di Timor Leste.


"Bank Mandiri lagi membangun semacam kantor lain karena kantor sekarang sudah sangat padat dan membangun jaringan di sana. Saya selalau cek ke direksi Bank Mandiri apakah program yang saya minta dijalankan. Ternyata jalan," sebutnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!