Dahlan Iskan Minta Mahasiswa Jangan Korupsi Kalau Sudah Bekerja

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta mahasiswa jangan korupsi setelah lulus kuliah dan mulai bekerja. Menurut Dahlan, Indonesia butuh manusia yang berintegritas, antusias dan sehat.

"Saya hanya ingin mengingatkan 3 hal saja, saat Anda memasuki 'universitas' yang sesungguhnya (dunia kerja) ada tiga yaitu, integritas, antusias dan sehat," kata Dahlan saat menghadiri Wisuda ke XVII dies natalis ke XXI Stikom Poltek Cirebon, Jabar, Sabtu (23/11/2013), seperti diceritakan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance.


Dahlan mengatakan hal itu di hadapan 420 wisudawan Sekolah Tinggi Komunikasi Politeknik Cirebon. Dahlan menyampaikan pidatonya singkat, menurut Faisal, tak sampai 10 menit.


Karena kata Dahlan hari ini adalah hari yang bahagia jadi tidak tepat jika dan orang yang memberi nasihat dan ceramah panjang lebar.


"Integritas. Saat saya menjabat dirut di PLN, juga saat saya memimpin (Kementerian) BUMN, integritas itu nomor satu. Karena manajemen tidak mungkin merekrut, mempekerjakan dan menyerahkan pengelolaan perusahaannya kepada orang yang tidak berintegritas," ujar Dahlan.


"Anda saat mahasiswa demo menuntut koruptor. Namun saat ada kesempatan korup juga. Jangan seperti itu," tambah Dahlan.


Poin kedua yang disampaikan Dahlan adalah antusias. Menurutnya, perusahaan akan maju apabila dipimpin orang-orang yang memiliki antusiasme kerja yang tinggi. Orang seperti itu diyakini bisa melahirkan banyak perubahan dan inovasi di perusahaan.


"Kesehatan. Ini sangat penting. Bisa jadi dia sangat pintar, belajarnya sangat keras sampai larut malam, untuk itu dia perlu minuman tambah energi. Sehingga saat test kesehatan dia tidak lulus. Ini salah," tambahnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!