Dahlan Minta BUMN Ini Bangun Kawasan Industri di Pinggir Pantai Banyuwangi

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta BUMN perkebunan yaitu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII membangun kawasan industri baru di Banyuwangi, Jawa Timur. PTPN XII diminta memanfaatkan 1.000 hektar lahan yang kurang produktif di pinggir pantai.

"Investor selama ini banyak mau bikin pabrik Banyuwangi, alasannya karena Jakarta upahnya tinggi. Selama ini pernah ditanami jarak, tapi nggak sukses. Saya minta untuk pengembangan wilayah Jatim bagian timur yakni 1.000 ha tanah pinggir pantai mllik PTPN XII yang kurang produksi dijadikan kawasan industri," ucap Dahlan usai rapim BUMN di Jakarta, Kamis (21/11/2013).


Dahlan mengakui, selama ini kawasan seperti Situbondo, Banyuwangi, hingga Jember kurang berkembang secara ekonomi. Harapannya ketika ada kawasan industri jadi, daerah di sekitarnya ikut terkena dampak positif.


"Tujuan membuat kawasan industri banyuwangi itu ada 3. Pengembangan wilayah, memperbaiki tanah kurang produktif PTPN XII dan mengembangkan pelabuhan," sebutnya.


Untuk rencana ini, PTPN XII diminta bekerjasama dengan PT Pelindo III (Persero) yang telah mengelola pelabuhan peti kemas di Banyuwangi.


"Pelindo III memiliki pelabuhan besar di Banyuwangi tapi kurang bermanfaat karena ekonomi kurang maju, jadi nanti dengan adanya kawasan industri maka ekonomi wilyah sana akan maju dan pelabuhan Pelindo III ikut maju. Karena bangun pelabuhan kan mahal," jelasnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!