Petugas PLN Sekarang Dibekali Smartphone Android, Untuk Apa?

Jakarta -PT PLN (Persero) telah meluncurkan aplikasi berbasis android yakni Field Service Operation (FSO) untuk menunjang operasional layanan. Lewat sistem ini, setiap petugas PLN dibekali smartphone android dalam setiap tugasnya di lapangan.

Aplikasi ini dibuat oleh PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), anak perusahaan PLN penyelenggara jaringan dan layanan telekomunikasi.


FSO Mobile adalah aplikasi mobile berbasis sistem operasi android yang dibuat dan dikembangkan oleh ICON+ untuk digunakan oleh petugas PLN, khususnya petugas lapangan, dalam melayani kebutuhan listrik pelanggan. FSO Mobile terintegrasi dengan aplikasi layanan pelanggan PLN yang berbasis web, terpusat dan terpadu yang memungkinkan PLN dapat memonitor kinerja pelayanan pelanggan di unit-unit secara online dan realtime.


Menurut Direktur PLN Moch. Harry Jaya Pahlawan, tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membantu PLN menyiapkan strategi percepatan dan peningkatan kinerja sesuai dengan SLA (Service Level Agreement).


"Aplikasi FSO ini juga sangat mendukung program kemudahan Getting Electricity yang sedang gencar dilakukan PLN dalam rangka meningkatkan layanan PLN," ujar Harry dalam keterangannya, Kamis (21/11/2013).


Untuk mendukung penerapan FSO, setiap petugas PLN pelaksana penyambungan listrik dibekali dengan smartphone berbasis android yang sudah dipasangkan FSO Mobile.


"Dengan bekal ini, para petugas PLN dituntut untuk memberikan respons cepat terhadap permintaan layanan listrik dari pelanggan. Kami berharap dengan adanya aplikasi ini para pelanggan PLN dapat memantau permintaan listrik mereka secara transparan dan accountable, sehingga akan meningkatkan kinerja PLN," ujar Direktur Niaga ICON+ Hikmat Drajad menambahkan.


Tahap awal penerapan FSO Mobile telah dilaksanakan di PLN Rayon Bogor Kota, Rayon Bogor Timur, dan Rayon Cipayung. Selanjutnya pada trimulan I-2014 akan diterapkan di seluruh Rayon di Area Bogor, meliputi Rayon Bogor Barat, Rayon Leuwiliang, dan Rayon Jasinga. Kemudian pada triwulan II dan III-2014, FSO Mobile sudah diterapkan di seluruh Rayon di PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten.


Dengan penerapan FSO Mobile dalam pelayanan pelanggan, diharapkan akan memberi manfaat sebagai berikut:



  1. Mempercepat response time layanan ketersediaan listrik kepada pelanggan

  2. Mengkolaborasikan pekerjaan dan operasional mitra kerja PLN, penyimpanan material, dengan petugas PLN secara real time dan online.

  3. Memonitor pelaksanaan seluruh kegiatan petugas PLN di lapangan

  4. Mempercepat pelaksanaan dan penyelesaian work order.

  5. Memperoleh koordinat bangunan milik pelanggan/calon pelanggan dengan mudah dan cepat.

  6. Memutus birokrasi yang berlebihan dan mengurangi penggunaan kertas.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!