Ini Trik Para Pedagang Tanah Abang Lolos dari Kejaran Petugas Pajak

Jakarta -Para pengusaha penjual tekstil dan garmen di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat punya trik tersendiri agar lolos dari kejaran petugas pajak. Mereka biasanya beralasan tak ada pemilik toko saat petugas pajak datang ke lokasi tokonya, atau banyak alasan lainnya.

Account Representative (AR) Kantor Wilayah Pajak Jakarta Pusat yang bertugas di Tanah Abang, Merri Trisna berbagi cerita saat mendatangi setiap toko di Tanah Abang, ia menuturkan berbagai jawaban yang sering dilontarkan.


"Misalnya kan baru datang itu saya tanya, pemilik tokonya mana? Itu langsung bertingkah nggak tahu. Ada yang jawab pemiliknya datang setahun sekali, sebulan sekali. terus ya saya dicuekin kan," ujar Merri saat menemani Dirjen Pajak Fuad Rahmany blusukan di pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/11/2013)


Setelah itu, biasanya petugas pajak menanyakan seputar kewajiban pajak yang seharusnya dibayarkan. Kecenderungan jawaban yang diberikan adalah pajak telah dibayarkan lewat seseorang.


"Mereka biasanya jawab, saya sudah bayar. Langsung bayar ke bos kamu ditransfer. Terus ada yang jawab sudah diutus orang buat bayar. Itu nggak ada lewat kita. Jadi seperti itu," paparnya.


Merri mengaku juga sering mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan, seperti pertanyaan yang tidak dijawab, hingga jawaban yang diberikan asal-asalan.


"Ya begitulah sering juga tidak dijawab. Atau jawabnya ngasal saja. Ya secara tidak langsung memang mereka tidak mau ditanya. Apalagi kalau sedang bekerja seperti ini. Itu memang kita tidak dilayani," terangnya.


Seperti diketahui ada ribuan pengusaha di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang harusnya memenuhi kewajiban membayar pajak 1% dari omset usahanya, untuk pedagang dengan omset maksimal Rp 4,8 miliar/tahun. Namun, sejak aturan tersebut diberlakukan pada Juli 2013, baru ada 166 wajib pajak yang menunaikan kewajibannya dari sekitar 20.000 toko di Tanah Abang.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!