Perakit iPhone dan iPad Asal Taiwan Tertarik Buka Pabrik di Yogyakarta

Jakarta -Perusahaan elektronika asal Taiwan yaitu Foxconn, tertarik membuka pabriknya di Yogyakarta. Perakit iPhone dan iPad ini sudah bertanya kepada Sultan Hamengkubuwono X soal ketersediaan lahan.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, Yogyakarta dipandang sebagai tempat strategis bagi Foxconn karena daerah kampus, sehingga banyak calon Sumber Daya Manuasia (SDM) yang bisa digaet.


"Dia (Foxconn) sudah bertanya ke Sultan apakah bisa berikan kesiapan lahannya. Sultan pasti bilang iya, dia punya tanah. Terus dengan berbagai plus poin, dia mengajak Sultan ketemu lagi," ujar Gita di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/11/2013).


Bagi Gita, investasi Foxconn di Indonesia penting, karena bisa mengurangi impor telepon selular di Indonesia yang tahun lalu jumlahnya mencapai 70 juta unit, senilai lebih dari US$ 5 miliar atau Rp 50 triliun.


Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat pernah membocorkan bahwa lokasi pabrik Foxconn ada di Provinsi Banten. Mungkin Yogyakarta akan menjadi lokasi kedua pabrik Foxconn di Indonesia.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!