Tak Hanya Soekarno-Hatta, Kereta Bandara Juga Akan Dibangun di 3 Provinsi Ini

Jakarta -Untuk membuat Indonesia mempunyai bandara-bandara besar berkelas internasional, pemerintah akan membangun kereta bandara di sejumlah provinsi, selain di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan Kualanamu, Sumatera Utara. Wilayah mana saja?

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, fasilitas kereta bandara penting untuk meningkatkan aksesibilitas. Saat ini rencana kereta bandara yang sudah berjalan adalah di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Untuk Bandara Soekarno-Hatta juga sedang direncanakan pembangunannya.


"Akan ada 2 rute untuk kereta bandara (Soekarno-Hatta), kereta ekspres dan commuter. Untuk commuter dibangun oleh KAI (Kereta Api Indonesia), dan diharapkan mulai beroperasi 2015," tutur Bambang di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis (21/11/2013).


Bambang mengatakan, kereta bandara juga akan dikembangkan untuk Minangkabau Internastional Airport, lalu airport baru di Yogyakarta, dan di Bandara Juanda Surabaya.


"Nanti keretanya ada dua jenis. Pertama untuk antar terminal itu di internal bandara, sistemnya nanti seperti di Changi (Singapura), jadi tidak ada kru. Yang kedua adalah akses ke bandara, saat ini direktur KAI sedang melihat-lihat produk dari berbagai negara," jelas Bambang.


Menurut Bambang, kereta-kereta bandara nanti akan menggunakan teknologi terbaru, dan yang mudah perawatannya.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!