Diincar Tiga Emiten, Telkom Tak Akan Lepas Anak Usahanya

Jakarta -PT Telkom (Persero) Tbk (TLKM) tak akan melepas sebagian saham di anak usaha yang bergerak di bisnis menara, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel). Telkom akan terus mengembangkan bisnis tersebut.

"Kita tak akan melepas momentum untuk melepas saham di Mitratel. Kita harus unlock value sebelum windows opportunity tertutup. Tren pertumbuhan industri menara bisa melambat sebab saat ini penetrasi pengguna seluler sudah 118 persen," ungkap Director Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo di Jakarta, seperti dikutip Minggu (24/11/2013).


Telkom tengah mengaji dua bisnis model untuk melepas sebagian saham di Mitratel yakni backdoor listing dengan mitra strategis atau Initial Public Offering (IPO). Praktik Backdoor listing biasanya saham dari satu perusahaan diambil alih oleh perusahaan yang telah tercatat di bursa saham sehingga secara tidak langsung menjadi bagian dari emiten yang tercatat di pasar modal.


"Unlock value nanti dengan mitra strategis. Saat ini tinggal dua penyedia menara yang tersisa di proses pelepasan ini yaitu PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo/anak usaha Sarana Menara Nusantara). Kemungkinan kita pilih satu dari dua pilihan tersebut sebagai mitra startegis," paparnya.


Lebih jauh ia mengatakan perseroan hanya ingin memilih rekan strategis dengan emiten atau perusahaan yang tercatat di bursa saham yang sudah teruji dapat menumbuhkan tenancy ratio. "Tapi kalau partner biasa, kami terbuka sama siapa saja," katanya.


Mitratel sejak 2011 telah diwacanakan dibawa melantai ke bursa saham oleh Telkom. Mitratel memiliki aset tiga ribu menara dengan valuasi sekitar Rp 3 triliun. Pada 2012, Mitratel memiliki pendapatan sebesar Rp 1,6 triliun serta mencatat laba bersih sebesar Rp 305,007 miliar.


Untuk menangani aksi korporasi ini Telkom sudah menunjuk Barclays Capital. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), dan PT Solusi Tunas Prama Tbk (SUPR) dikabarkan ikut dalam beauty contest memperebutkan 49 persen saham Mitratel ini.Next


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!