Hatta: Jangan Berpikir Jadi PNS Saja, Sudah Penuh Sesak

Jayapura -Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mendorong mahasiswa Papua untuk menjadi wirausahawan. Menjadi pengusaha merupakan modal untuk menjadi bangsa yang mandiri.

Hal tersebut dikatakan Hatta saat memberikan kuliah umum di depan kurang lebih 1.000 mahasiswa sejumlah universitas di Papua di Auditorium Universitas Cendrawasaih, Jayapura, Papua, Sabtu (23/11/2013).


"Membangun SDM itu penting untuk membangun negara kita. Jadi lah pengusaha, wirausaha, mimpikanlah mantapkanlah," kata Hatta.


Hatta mengatakan, sebaiknya para lulusan sarjana atau universitas tidak hanya berpikir untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) saja. Peluang untuk menjadi pengusaha sangat jauh lebih besar.


"Jangan pernah mau berpikir mau jadi PNS saja. Karena itu terbatas, tidak mungkin negara menyediakan PNS sebanyak itu. Penuh sesak," ujarnya.


Bukan berarti Hatta melarang para lulusan sarjana untuk mengejar cita-citanya menjadi PNS. Tapi menurutnya, menjadi seorang wirausahawan, lanjut Hatta membutuhkan ketekunan dan inovasi, dan akan lebih dapat memberikan nilai tambah terhadap sesuatu.


"Ya boleh menjadi PNS sebagian, tapi tidak semuanya. Jadi wirausawahan itu akan menjadi nilai tambah apapaun yang disentuhnya," jelasnya.


"Saya berharap 20 tahun lagi, ada seorang mahasiswa Uncen yang bertemu saya dan cerita kalau dia sudah menjadi pengusaha sukses," imbuh Hatta.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!