Rampung 100%, Tol Kedung Halang-Kedung Badak Bogor Tunggu Uji Kelayakan

Jakarta -Jalan tol Bogor outer Ring Road seksi 2A ruas Kedung Halang-Kedung Badak sudah rampung 100%. Tol ini kini menunggu diuji kelayakannya oleh pemerintah.

Direktur Teknik PT Marga Sarana Jabar, operator tol ini, Letnantoro mengungkapkan, diharapkan uji kelayakan akan dilakukan minggu depan. Sehingga tol ini bisa segera beroperasi.


"Kita minta untuk diperiksa, sudah diminta jadi nanti dia datang ke lokasi, minggu depan tapi belum tahu harinya kapan," kata pria yang akrab disapa Tori ini kepada detikFinance, Minggu (13/4/2014).


Tori mengatakan, secara konstruksi fisik, tol ini sudah rampung 100%. Minggu lalu serah terima proyek atau provisional hand over (PHO) dari kontraktor ke operator sudah dilakukan. Kunjungan kedua akan dilakukan dalama minggu ini.


"Tinggal perapihan (jalan) saja," jelas Tori.


Uji kelayakan akan dilakukan oleh Badan Pengatur Jalan Tol dari Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU), Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian RI.


"Akhir April beroperasi mudah-mudahan. Uji kelayakan itu paling lama dua minggu," jelasnya.


Tol ini terbagi menjadi IV seksi: Seksi I (Sentul Selatan-Kedung Halang) 3,85 Km sudah dioperasikan, Seksi II (Kedung Halang-Kedung Badak dan Kedung Badak-Simpang Yasmin) 4,00 Km, Seksi III (Simpang Yasmin-Darmaga) 3,15 Km. Total panjangnya mencapai 11 km.


(zul/mkl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!