Bagaimana Nasib Ekonomi RI Setelah 22 Juli? Simak di Sini

Jakarta -Persaingan dua capres yaitu Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) akan ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli 2014. Sejumlah ekonom punya prediksi soal arah ekonomi Indonesia pasca 22 Juli.

Secara umum, sejumlah pakar memprediksikan, siapapun presiden baru terpilih, dampaknya untuk pasar saham dan perekonomian secara makro akan positif.


"Ini karena setelah tanggal 22 nanti sudah ada kepastian bahwa ada Presiden terpilih yang akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan. Artinya investor yang tadinya wait and see, dapat kembali masuk ke pasar modal. Jadi dana yang tadinya tertahan akan mulai masuk," ujar Head of Sales Marketing PT First State Investment Indonesia Harsya Prasetyo dalam acara bertajuk 'Mid-Year Market Outlook Post President Election 2014' di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (15/7/2014).


Hadir dalam acara ini pengamat politik dan Guru Besar Pusat Penelitian Politik LIPI Ikrar Nusa Bhakti, Presiden Direktur PT BNP Paribas Investments Partners Vivian Secakusuma, Country Economist Citibank Indonesia Helmi Arman, dan Head of Wealth Management Citibank Ivan Jaya.


Pengamat politik dan Guru Besar Pusat Penelitian Politik LIPI Ikrar Nusa Bhakti mengatakan, terjadinya kekacauan politik pasca 22 Juli 2014 sangat kecil kemungkinannya.


"Isu akan terjadi kudeta militer kalau pasangan nomor 2 yang menang, saya menentang asumsi itu. Saya harus meluruskan, ini bukan urusan sipil lawan tentara. Karena Anda tahu persis mantan jenderal memang terbelah mendukung di dua belah pihak sekaligus," tutur Ikrar.


Ikrar menyampaikan, kondisi politik pun dipandang akan tetap kondusif. "Di tingkatan masyarakat, bisa dilihat bagaimana rakyat kebanyakan sangat menginginkan suasana tentram dan damai. Rakyat sangat dewasa dalam berpolitik dan tidak ingin dimobilisasi (digerakkan) secara negatif oleh elit politik," tuturnya.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!