Waktu Bongkar Muat di Priok Ditargetkan Hanya 4 Hari di Akhir 2014

Jakarta -Waktu sandar kapal dan bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi sorotan pemerintah karena dinilai terlalu lama mencapai 7,9 hari. Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung telah meminta dwelling time segera turun jadi 4 hari pada akhir tahun ini.

"Pelindo telah melakukan berbagai upaya perbaikan operasional untuk meningkatkan dwelling time dari 7,9 hari pada Desember 2013 menjadi 6,02 hari pada Juni 2014," kata Seketaris Perusahaan Pelindo II Rima Novianti ditemui di Harum Manis Indonesia Restaurant, Pavilion Apartement Retail Arcade, Jakarta, Senin (14/7/2014).


Dengan telah tercapainya dwelling time 6,02 pada Juni 2014, Pelindo II optimistis arahan Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung meminta dwelling time hanya 4,0 hari pada akhir 2014 bisa tercapai.


"Kami optimistis dapat memperbaiki waktu tungggu bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok menjadi 4 hari sesuai arahan Pak CT," ucapnya.


Ia menambahkan, untuk mencapai target tersebut, Pelindo II telah melakukan perbaikan operasional di lapangan dan melakukan koordinasi dengan Bea Cukai dan Otoritas Pelabuhan, proses keluar masuk barang akan lebih cepat dan lancar.


"Memang untuk mencapai dwellingg time yang singkat diperlukan platform yang sama satu sistem dengan para stakeholder di Pelabuhan, itu sudah kita inginkan sejak beberapa tahun lalu, tapi memang tidak mudah, ini sedang kita perjuangkan bersama," tutup Rima.


(rsk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!