Pembangunan Pabrik Semen Paling Modern di Indonesia Akan Selesai 2016

Semarang -Meski masih ada penolakan dari warga dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pembangunan pabrik semen oleh PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Kecamatan Gunem, Rembang, Jawa Tengah, tetap ditargetkan selesai pada 2016. Nantinya, pabrik tersebut akan menjadi yang paling modern di Indonesia.

Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto mengatakan, pembangunan konstruksi pabrik yang dimulai pada 2014 ini memiliki nilai investasi mencapai Rp 4-4,2 triliun. Jika pengerjaannya lancar, maka pada 2016 pabrik tersebut sudah bisa mulai berproduksi.


"Beragam perizinan sudah diurus, kami sudah melakukan pembangunan konstruksi. Tahun 2016 harapannya selesai," kata Dwi dalam acara sarasehan Optimalisasi Pembangunan Pabrik Semen Rembang Berbasis Lingkungan dan Masyarakat di Semarang, Senin (14/7/2014) malam.


Nantinya, pabrik tersebut diklaim menjadi pabrik dengan desain paling modern dan efisien di seluruh Indonesia. Selain itu, lanjut Dwi, pabrik akan dilengkapi alat penangkap debu menggunakan medan magnet di dalam sebuah ruangan.


"Ini ada sebuah kain, kalau listrik mati tidak akan ngebul, tidak ada sama sekali," tandasnya.


Dalam pengerjaan pabrik tersebut, 100% konstruksi sipil, pemasangan mesin dan peralatan, serta elektrikal dan instrumentasi pabrik dikerjakan oleh kontraktor lokal. Pabrik tersebut nantinya juga akan menyerap lebih dari 3.500 tenaga kerja.


"Kaitan proyek dan CSR, kami sudah mulai. Kegiatan terakhir dengan masyarakat setempat, bangun masjid, pendidikan guru, pesantren, Hari Kartini, wayang kulit, dan lainnya," papar Dwi.Next


(alg/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!