First Asia Capital: Pasar Global Memberi Dorongan

Jakarta -IHSG kemarin melanjutkan penguatannya dengan topangan aliran dana asing hingga Rp871,52 miliar yang mengangkat IHSG 43 poin (0,85%) di 5113,930. Pelaku pasar mengakumulasi saham-saham properti, perbankan, infrastruktur dan barang konsumsi. Pemodal optimis menyambut presiden terpilih menyusul semakin dekatnya tanggal pengumuman resmi KPU 22 Juli mendatang. Selain sentimen domestik, dari eksternal sentimen positif juga ditopang data ekonomi China.

Pertumbuhan ekonomi China kuartal dua tahun ini tumbuh 7,5% (yoy) di atas perkiraan sebelumnya 7,4%. Perkembangan ekonomi China tersebut membuat saham-saham berbasiskan komoditas tambang seperti logam nikel kembali diburu pelaku pasar. Sebagai respon atas pertumbuhan ekonomia China pasar saham global tadi malam kembali melanjutkan trend bullish.


Indeks DJIA dan S&P di Wall ditutup di teritori positif. Selain sentimen data China, penguatan Wall Street turut dipicu sejumlah isu individual seperti rilis laba 2Q14 dan aksi korporasi lainnya serta data-data ekonomi AS yang keluar. Saham berbasiskan teknologi seperti Intel, Microsoft, IBM, dan Cisco System menjadi motor penguatan indeks DJIA tadi malam yang ditutup di level tertinggi baru di 17138,20 naik 0,45%.


Kondisi pasar saham global dan sentimen domestik yang positif diperkirakan akan kembali mengangkat IHSG pada perdagangan hari ini. IHSG diperkirakan akan menguji resisten di 5170 dan support di 5070.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!