Pertumbuhan Konsumsi Listrik Melambat Gara-gara Kenaikan TDL

Jakarta -Pertumbuhan konsumsi listrik di dalam negeri selama setahun terakhir mengalami perlambatan. Salah satu penyebabnya karena ada beberapa kali kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sejak 2013 lalu yang memicu masyarakat berhemat.

Pertumbuhan penjualan tenaga listrik sampai Juni 2014-Juni 2013 (y-o-y) mencapai 6,71%. Meski tumbuh 6,71%, peningkatan konsumsi listrik tersebut masih relatif lebih rendah dari pertumbuhan periode Juni 2013-Juni 2012 yang mencapai 7,17%.


"Ya salah satunya karena tarif listrik naik," kata Kepala Divisi Niaga PT PLN Benny Marbun dihubungi, Selasa (15/7/2014).


Menurutnya bila memperhatikan penjualan listrik bulan per bulan sepanjang semester I-2014 maka tantangan pada semester II-2014 adalah penjualan listrik sebanyak-banyaknya.


"Terutama di daerah Jawa-Bali yang kemampuan sistem kelistrikannya cukup," katanya.


Benny mengungkapkan, PLN melihat potensi peningkatan penjualan listrik di Jawa-Bali masih sangat besar. Apalagi banyak sekali permintaan sambungan baru termasuk permintaan sambungan dari golongan industri dan bisnis) pada semester I-2014 yang belum sempat terlayani.


"Untuk itu, semua unit distribusi PLN di Jawa dan di daerah lainnya yang kemampuan sistem kelistrikannya cukup hendaknya memacu penjualan listrik," ungkapnya.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!