Lukisan Asal Desa Kamasan Bali Ini Dijual Rp 15 Juta

Jakarta -Industri kreatif cukup menarik digeluti, dan Indonesia mempunyai segudang produk kreatif. Contoh saja lukisan dari seorang pengrajin Desa Kamasan, Klungkung, Bali yang nilainya bisa di atas Rp 10 juta.

Adalah Gede Wedasmara, seorang seniman asal Desa Kamasan, Klungkung, Bali. Pria yang menjadi mitra binaan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) ini menikmati manisnya bisnis kreatif.


Gede mengikut acara Kampoeng BNI Nusantara 2014 yang digelar sejak 17-20 Juli 2014, di Jakarta Convention Center (JCC).


Dalam acara ini dipamerkan produk kerajnian dan seni dari 115 mitra binaan BNI di seluruh Indonesia.


Produk kerajinan unggulan Gede adalah lukisan tradisional Kamasan bernilai belasan juta rupiah. "Lukisan ini, yang kecil (seukuran kertas koran) harganya Rp 5,5 juta. Kalau yang besar bisa sampai Rp 15 juta," tuturnya kepada detikFinance, Sabtu (19/7/2014).


Lukisan tradisional Bali ini, lanjut Gede, tergolong aliran seni yang langka. Pembuatan lukisan ini tergolong lama, dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk satu buah lukisan berukuran kecil, dirinya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu. Sehingga, wajar saja bila harganya bisa sangat tinggi. "Satu-satunya di dunia dari Kamasan," kata dia.


Peminatnya pun kebanyakan dari turis mancanegara. "Ada dari Prancis, Jerman, Australia, Belanda, Jepang hampir kebanyakan semua peminatnya dari manca negara," sambungnya.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!