Dua Perusahaan Indonesia Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia

Jakarta -Indonesia boleh berbangga hati karena dua perusahaan tanah air berhasil masuk daftar bergengsi Fortune 500 yang memuat jajaran perusahaan terbesar di dunia. Kebanggaan ini terutama menjadi milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ya, dua perusahaan tersebut merupakan pelat merah alias milik negara. Mereka adalah PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero). Peringkat Pertamina turun satu tingkat, sementara PLN adalah pendatang baru.


Seperti dikutip dari situs majalah Fortune, Selasa (8/7/2014), Pertamina berada di urutan 123 dalam daftar 500 perusahaan dengan omzet terbesar di dunia, turun dari sebelumnya di urutan 122 tahun lalu.


Perusahaan minyak dan gas yang dipimpin Direktur Utama Karen Agustiawan ini meraup omzet US$ 71,10 miliar di 2013 naik tipis 0,3% dari tahun sebelumnya. Sementara laba perusahaan dengan 24.781 karyawan ini naik 10,9% ke US$ 3 miliar.


Sedangkan PLN sebagai pendatang baru masuk di urutan 477 di daftar bergengsi ini. Di bawah pimpinan Direktur Utama Nur Pamudji, BUMN listrik itu bisa meraup omzet sebanyak US$ 25 miliar, naik tipis 0,6% dari tahun sebelumnya.


Meski omzetnya naik, perusahaan dengan jumlah karyawan 63.204 ini mengalami anjlok laba cukup dalam hingga 938,2% menjadi rugi US$ 2,87 miliar. Kerugian ini terjadi akibat rugi selisih kurs.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!