Mengenal Jenis Kurma yang Beredar di Indonesia

Jakarta -Permintaan kurma pada bulan Ramadan dan menjelang lebaran meningkat cukup pesat. Sebagian masyarakat mengkonsumsinya untuk berbuka, ada juga yang membeli kurma untuk bingkisan kerabat atau teman kerja. Namun, perlu diketahui jika kurma memiliki jenis, ciri, rasa, dan variasi harga yang berbeda. Masyarakat perlu tahu agar tidak hanya menjadi penikmat saja.

Pemilik Agen Kurma Al-Barokah Syarifah Banun bernama Fitria Banun mengungkapkan, banyak beragam jenis kurma yang dijual di Indonesia. Seluruhnya berasal dari impor, sebagian besar berasal dari negara Timur Tengah seperti Makkah, Madinah, Mesir, Tunisia, Iran dan Irak. Ada juga kurma impor asal Amerika Serikat (AS).


“Jenis-jenis kurma banyak sekali, ada dari Makkah, Madinah, Mesir, Tunisia, Arab, Iran, Irak, ada juga yang dari AS, itu kurmanya beda-beda, harganya juga beda,” ujar Fitria saat disambangi detikFinance di lokasi, di Jl. KH. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (7/7/2014).


Wanita berusia 36 tahun ini menyebutkan, jenis-jenis kurma di antaranya kurma dari Makkah yaitu kurma Azwa atau biasa disebut kurma Nabi, ini harganya dibanderol Rp 350.000-500.000 per kg tergantung besarnya ukuran.


Kurma ini merupakan kurma paling mahal dari kurma lainnya. Ciri kurma ini berwarna hitam pekat dan ada garis-garis atau serat warna cokelat pada permukaan kurma. Rasa manisnya standar, tidak terlalu legit dan wujud kurma tampak kering, tidak lembab, ukurannya agak besar.


“Yang paling mahal kurma nabi bisa sampai Rp 500.000 per kg, ini yang super, kalau di mal ini harganya bisa Rp 1,5 juta per kg. Ada juga yang Rp 350.000 per kg, kalau di mal dijual Rp 1 juta. Bedanya Cuma di ukuran kecil gedenya dan kurma nabi ini dagingnya lebih banyak,” terang wanita yang sudah berjualan kurma selama 15 tahun ini.


Ada lagi kurma asal Madinah seperti kurma Mabrum atau laki-laki, Ambar, Safawi, Dabbas, Khalas, dan Lulu. Masing-masing punya ciri dan harga yang berbeda. Ada juga kurma Mesir seperti Elwaha, Golden Vale, Al-Amar, dan Rabbe. Lalu ada kurma Iran, kurma muda, hingga kurma Medjool asal AS.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!