Jumlah PNS Perempuan Sekarang Hampir Sama dengan Laki-laki

Jakarta -Sejalan dengan konsep pemerataan kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia, peran serta perempuan dalam karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin meningkat.

Menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah PNS perempuan menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2003, jumlah PNS perempuan adalah 1.475.720 orang, kemudian pada 2013 meningkat menjadi 2.102.197 orang.


Di sisi lain, jumlah PNS laki-laki tidak mengalami kenaikan berarti. Pada 2003 jumlah PNS laki-laki sebanyak 2.172.285 orang, lalu pada 2013 menjadi 2.260.608 orang.


Kondisi ini juga mendorong perubahan komposisi antara PNS laki-laki dan perempuan. Pada 2003, perbandingan antara PNS laki-laki dan perempuan adalah 59:41. Sedangkan pada 2013 jumlahnya hampir sejajar yakni 52:48.


Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Suwardi mengatakan, peningkatan ini diterapkan sebagai implementasi aturan pemerintah dan undang-undang tentang kesetaraan gender.


"Jadi bukan hanya laki-laki. Perempuan sangat bisa berpartisipasi dalam pengelolaan negara," sebut Suwardi di Jakarta, Senin (25/8/2014).


Ia menuturkan, semakin banyaknya jumlah PNS perempuan juga menggambarkan semakin tingginya peran serta perempuan dalam kancah perekonomian nasional.


"Di industri swasta, jumlah perempuan yang berkarir juga sudah semakin banyak. Apalagi sekarang perempuan yang berpendidikan tinggi sudah semakin banyak. Tidak seperti dulu yang banyak dapat pendidikan tinggi hanya laki-laki," kata Suwardi.


Ke depan, kesetaraan gender ini akan tetap dipertahankan mengingat daya saing sebuah negara sudah tidak lagi melihat jenis kelamin melainkan lebih pada kualitas tenaga kerja.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!