Selain di Cirebon, Antrean di SPBU Juga Terjadi Surabaya dan Kalimantan

Jakarta -Sejumlah SPBU di wilayah Pantai Utara Jawa Barat (Pantura) seperti Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka terjadi antrean panjang kendaraan beberapa hari terakhir.

Menurut pihak PT Pertamina, fenomena ini tak hanya terjadi di Pantura, tapi di wilayah lainnya, sebagai konsekuensi dipangkasnya kuota BBM subsidi di 2014.


Pihak Pertamina beralasan, dipangkasnya kuota BBM subsidi dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter, sehingga ada pembatasan kuota harian di seluruh SPBU-SPBU di Indonesia. Tujuannya agar pasokan BBM subsidi bisa cukup hingga akhir 2014.


"Pertamina harus memastikan kuota itu tidak melebihi hingga akhir tahun," kata Asisten Manager External Relation Region III PT Pertamina, Mila Suciyani kepada detikFinance, Minggu (24/8/2014).


Pembatasan kuota untuk BBM bersubsidi ini dilakukan secara nasional. Hingga dampaknya pun akan merata di seluruh SPBU di Indonesia.


Ia mengatakan, antrean tak hanya terjadi di Cirebon dan daerah sekitarnya saja, melainkan di wilayah lain di Indonesia pun terjadi antrean namun tidak begitu masif.


"Ini kan di seluruh Indonesia, tak hanya Cirebon saja. Seperti di Kalimantan, di Bali, di Surabaya juga," katanya.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!