50.000 Nasabah Bank Mandiri Bergaji Kurang dari Rp 10 Juta Punya Kartu Kredit Banyak

Jakarta -PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat ada sekitar 50.000 nasabah kartu kreditnya yang berpenghasilan Rp 3-10 juta namun punya lebih dari dua kartu kredit.

Vice President Consumer Cards Group Bank Mandiri Tri S. Prayitno mengatakan, secara khusus para nasabah ini diminta untuk memberikan update terbaru terkait gaji bulanan mereka. Hal ini terkait dengan aturan Bank Indonesia (BI) yang membatasi kepemilikan kartu kredit berdasarkan usia dan pendapatan. Masyarakat yang bergaji di kisaran Rp 3-10 juta tidak boleh memiliki lebih dari 2 kartu kredit.


"Hasil pengecekan AKKI sudah dikumpulkan dan disuratkan kepada nasabah masing-masing bank yang punya lebih dari 2. Kita Mandiri nasabah tersebut ada sekitar di bawah 50 ribuan," ujar dia saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/10/2014).


Dia menjelaskan, secara total Bank Mandiri sudah menerbitkan hampir 3,6 juta kartu kredit.


Menurutnya, jumlah kartu kredit sejak peraturan BI dikeluarkan pertumbuhannya agak sedikit melambat. Tahun ini saja, Bank Mandiri sudah mengeluarkan sedikitnya 500-600 ribu kartu kredit baru.


"Agak slowdown tapi tetap tumbuh. Tahun ini hampir 500-600 ribu kartu baru. Kita segmennya lari ke Rp 10 juta ke atas, tapi kita tetap terima walaupun ada nasabah yang apply dengan gaji Rp 3 juta-Rp 10 juta, kita tetap apply," tandasnya.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!