Sepi Pengunjung, Disneyland di Eropa Rugi Rp 1,4 Triliun

Meaux -Bisnis taman hiburan yang dikelola Eurodisney, Disneyland Paris, sedang lesu tahun ini. Setelah jumlah pengunjungnya turun satu juta tahun lalu, Juni kemarin taman hiburan Grup Disney ini mencatat rugi 103,6 juta euro (Rp 1,4 triliun).

Atas kerugian dan sepinya pengunjung tersebut, Disneyland Paris akan menggelar pertemuan dengan serikat pekerjanya Senin nanti sebelum pembukaan pasar modal setempat.


Tiga sumber yang berbeda mengkonfirmasi rencana pertemuan tersebut. Pertemuan itu secara khusus akan membahas kinerja keuangan perusahaan setelah Eurodisney punya bos baru yang ditunjuk September lalu, Tom Wolber.


Eurodisney yang dihubungi AFP, Jumat (4/10/2014), menolak untuk berkomentar tapi menyatakan para pekerjanya memang sudah diberitahu secara formal.


Kerugian taman hiburan ini dalam enam bulan pertama bengkak 16% dibandingkan posisi ragu tahun sebelumnya pada periode yang sama. Jumlah pengunjung antara Januari-Juni tahun ini saja sudah berkurang 400.000 orang, setara turun 6%.


(ang/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!