Ini Dia Alat Baru Buat Bayar Tol Sambil Ngebut

Jakarta -Ingin bisa bayar tol tanpa berhenti seperti di luar negeri? Coba pakai alat canggih besutan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) ini.

Alat tersebut merupakan E-Toll Pass baru bernama On Board Unit (OBU) Single Piece. Alat ini akan menggantikan produk OBU yang sebelumnya dinilai gagal.


Alat berukuran kecil ini bisa dipasang di dekat kaca spion tengah ataupun di sekitar kaca depan. Pengemudi yang membawa mobil terpasang alat ini bisa melakukan transaksi di gerbang tol tanpa berhenti, bahkan sambil melaju hingga 120 km/jam.


Pada sistem OBU lama, kendaraan harus melambatkan lajunya hingga 20 km/jam agar OBU yang terpasang di kendaraan bisa terbaca sensor di pintu tol. Tapi dengan teknologi baru ini, kendaraan tidak perlu melambatkan lajunya, lama waktu transaksi bisa di bawah 1 detik.


Ukurannya OBU baru ini lebih mini dan dibandrol 3 kali lebih murah daripada OBU yang dipasarkan saat ini. OBU versi Single Piece ini dipatok Rp 200.000 per unit, namun saat ini belum bisa dipasarkan Jasa Marga dan Telkom. Rencananya akan dijual akhir tahun ini.


Kabar gembira bagi para pemilik OBU lama, BUMN operator jalan tol ini membuka program penukaran secara gratis atau cuma-cuma untuk OBU varian lama ke varian baru. Alat baru ini baru akan diluncurkan secara massal pada akhir tahun ini.





(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!