Dahlan Minta 10 Ruas Tol Dipasang Alat Pembayaran yang Bisa Sambil Ngebut

Jakarta -PT Jasa Marga Tbk (JSMR) baru saja melakukan uji coba sistem transaksi tol di bawah satu detik. Saat menuju gerbang tol, mobil bisa ngebut tanpa harus melambatkan lajunya. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan ingin semua tol bisa menggunakan teknologi ini.

Dahlan mengatakan, dirinya berharap Jasa Marga sebagai BUMN operator tol bisa mengaplikasikan teknologi yang disebut on board unit (OBU) single piece ini di semua ruas tol.


"Semua nanti pakai itu (OBU)," kata Dahlan ditemui di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis, Jalan Iskandarsyah, Jakarta, Jumat (3/10/2014).


Mantan Bos BUMN ini juga menambahkan, pengaplikasian sistem OBU single piece di tol ini bisa dilakukan secara bertahap. "Bulan ini saya ingin 10 (ruas tol)," kata Dahlan tanpa menyebut ruas-ruas mana yang menjadi prioritas.


Dahlan yakin sistem ini bisa menjadi solusi kepadatan kendaraan di gerbang tol. Dia sudah membuktikannya sendiri saat uji coba di pintu tol Kalimalang 2 pagi tadi.


Dia juga otimistis, bukan hanya operator jalan tol BUMN saja yang bisa menggunakan sistem ini, swasta pun diyakini Dahlan akan ikut menggunakan OBU single piece.


"Nanti kan semua pada ngikut," tuturnya.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!