Kagumnya Dahlan Iskan Kepada Pelabuhan dengan Garbarata Pertama di RI

Surabaya -Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi pelabuhan pertama yang menggunakan garbarata. Menteri BUMN Dahlan Iskan terkesima.

"Anda bisa saksikan sendiri, ini (pelayanan di Gapura Surya Nusantara) seperti bandara modern. Bahkan beberapa bandara di Indonesia kalah modern dengan terminal penumpang di Pelindo III ini," ujar Dahlan di sela peninjauan dan soft opening terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, Surabaya, Kamis (2/10/2014).


Ia mengakui, pelayanan di Gapura Surya Nusantara lebih modern dibandingkan dengan beberapa bandara seperti di Jambi dan Lampung.


"Seperti yang kita inginkan bahwa, pelayanan modern dan baik tidak hanya untuk orang-orang kelas atas, tapi orang kelas menengah-bawah kita perlakukan sama," katanya.


Dahlan menceritakan tentang perubahan pelayanan di kereta api, yang saat ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. Harapan tersebut juga bisa terwujud bagi penumpang kapal laut.


"Saya optimis sekali. Manajemen Pelindo III harus tegas, disiplin. Dan Pelni juga displin mengikuti prosedur yang ada, saya optimis," tuturnya.


Jumlah pelabuhan di Indonesia saat ini sebanyak 2.154, dan yang berada di bawah pengelolaan PT Pelindo I hingga IV sebanyak 111 pelabuhan. Dahlan berharap, terminal penumpang laut di pelabuhan lainnya, seperti Makassar dapat meniru Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.


"Kita berharap Makassar bisa seperti ini," tuturnya.


Dahlan juga mempunyai harapan di pelabuhan Nunukan juga bisa seperti di Surabaya. Sayangnya, Pelabuhan Nunukan tidak di bawah pengelolaan PT Pelindo.


"Sebetulnya Nunukan ingin sekali dibuat seperti ini dalam skala kecil. Tapi ya itu, bukan dari BUMN. Saya pernah meminta ASDP di sana untuk mengajukan permohonan agar Nunukan dapat dikelola BUMN," tandasnya.


(roi/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!