IHSG Anjlok 200 Poin Sejak Terpilihnya Pimpinan DPR

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kehilangan poin yang cukup banyak membuka perdagangan bulan Oktober. Terutama setelah DPR memilih ketua dan para wakilnya.

Kemarin IHSG sudah anjlok 140 poin dan sampai perdagangan siang hari ini jatuh lagi 62 poin. Dalam satu hari setengah, IHSG sudah kehilangan 202 poin.


Pada penutupan perdagangan Sesi I, Jumat (3/10/2014), IHSG anjlok 62,997 poin (1,26%) ke level 4.937,812. Padahal pada pembukaan perdagangan IHSG sempat naik tipis 8,862 poin (0,18%) ke level 5.009,671.


Sayangnya, penguatan ini hanya sesaat karena investor asing memutuskan untuk melepas saham lagi. Situasi politik Indonesia yang memanas jadi alasan investor keluar dari lantai bursa.


Dana asing juga kembali keluar dari lantai bursa, hingga siang ini nilainya sudah sekitar Rp 220 miliar.


Hasil rapat paripurna kemarin DPR memutuskan Setya Novanto dari Partai Golkar sebagai Ketua DPR. Sementara empat wakilnya adalah Fadli Zon (Partai Gerindra), Agus Herman (Partai Demokrat), Fahri Hamzah (Partai Keadilan Sejahtera), dan Taufik Kurniawan (Partai Amanat Nasional).


Hal ini yang memicu kekhawatiran investor. Pelaku pasar memprediksi kebijakan dan program Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan dihadang oleh para anggota DPR yang mayoritas dikuasai Koalisi Merah Putih (KMP).


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!