Ini Pelabuhan Laut Pertama di RI yang Pakai Garbarata

Surabaya -Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, jadi pelabuhan laut pertama di Indonesia yang menggunakan garbarata, dari ruang tunggu menuju ke kapal laut.

Pembangunan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara seluas 16.120 m2 dan berlantai 3, serta berkapasitas sekitar 4.000 penumpang tersebut menelan biaya sekitar Rp 160 miliar. Terminal ini diresmikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan dihadiri Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono, jajaran direksi PT Pelindo III, syahbandar, dan pihak terkait.


"Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kapal laut," kata Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto, saat acara soft opening terminal penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (2/10/2014).


Ia menerangkan, data realisasi penumpang hingga semester I-2014 mencapai 286.078 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 17% dibandingkan semester I tahun lalu.


Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara dibangun untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang kapal laut.


"Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara adalah terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang menggunakan garbarata layaknya bandara," jelasnya sambil menambahkan, terminal penumpang tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan konsep bangunan bersifat modern, green architecture, ramah lingkungan, dan hemat energi.


"Jadi penumpang sudah dimanjakan dengan kenyamanan saat mulai masuk dan check in, kemudian naik ke ruang tunggu sampai saat masuk ke dalam kapal laut," tandasnya.Next


(roi/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!