Salah Satu Ruas Tol Terpanjang di Jawa Timur Siap Beroperasi 13 Oktober

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum akan meresmikan pengoperasian salah satu ruas Tol Trans Jawa yaitu Kertosono-Mojokerto untuk seksi I, Jawa Timur.

Tol yang merupakan terpanjang di Jawa Timur ini akan diresmikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Rencananya seksi I Tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 14,4 Km akan diresmikan 13 Oktober 2014. Total panjang tol ini mencapai 40,5 km.


"Yang Kertosono-Mojokerto bakal dioperasikan 13 Oktober. Sekarang masih diuji layak fungsi," kata Kasubag Hukum dan Humas Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Wisnu Priambodo kepada detikFinance, Jumat (3/10/2014).


Wisnu mengatakan, ruas yang akan diresmikan untuk ruas Bandar hingga ke Jombang sepanjang 14,4 km. Sedangkan seksi lainnya masih dalam proses pembebasan lahan.


"Seksi 2 masih ada tanah yang belum bebas. Secara progres tanah secara keseluruhan sudah 90,7%," katanya.


Dengan beroperasinya tol ini, jaringan ruas tol Trans Jawa terus bertambah. Pada pertengahan tahun depan, ruas tol yang paling vital dalam ruas ini yaitu Cikampek-Palimanan akan segera dioperasikan.


Sebelumnya, Kepala Seksi I Sub Direktorat Pengadaan Lahan Kementerian Pekerjaan Umum, Sri Sadono menyebutkan keseluruhan tol ini ditargetkan selesai pada 2019.


"Trans Jawa itu kemarin informasi tahun 2019 itu harus operasional. Artinya di 2017 tanah itu harus sudah selesai. Kami optimistis," tuturnya.


PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) selaku investor Tol Mojokerto-Kertosono menganggarkan Rp 3 triliun untuk pembangunan tol 4 seksi itu.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!