Semen Tonasa Bidik Produksi 7 Juta Semen Tahun Depan

Pangkep -PT Semen Tonasa menargetkan produksi semen hingga 6,7 juta ton pada tahun ini. Target tersebut direalisasikan dari empat pabriknya yang beroperasi di Pangkep, Sulawesi Selatan.

"Kapasitas produksi sebenarnya kurang dari itu, tetapi kami terus berupaya agar target tersebut terealisasi tahun ini," kata Dirut Semen Tonasa Andi Unggul Attas kepada wartawan yang berkunjung ke PT Semen Tonasa di Pangkep, Sulsel tengah pekan ini.


Atas menjelaskan, produksi dari empat pabrik Semen Tonasa kurang dari 6 juta ton per tahun atau lebih tepatnya 5,98 juta ton per tahun. Rinciannya, pabrik II dan III memproduksi masing-masing 590 ton pertahun, pabrik IV memproduksi 2,3 juta ton per tahun, dan pabrik V memproduksi 2,5 juta ton per tahun.


"Pabrik I sudah tak berproduksi lagi sejak tahun 1984 karena teknologinya sudah lama. Justru rugi jika dipaksakan berproduksi. Dulu produksinya 120 ribu ton per tahun," lanjut Attas.


Hingga Agustus tahun ini, kata Attas, produksi anak usaha PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) ini sudah mencapai 4,2 juta ton. Anas menambahkan, nilai pendapatan dari target tahun ini mencapai Rp 65,3 triliun. Angka itu lebih tinggi dari target tahun sebelumnya yakni Rp 4,8 triliun.


Bahkan Attas berani menargetkan angka produksi sebesar 7 juta ton per tahun di tahun depan. Untuk itu, Attas akan menggenjot kapasitas keempat pabrik hingga batas maksimal. Produsi pabrik IV akan ditingkatkan menjadi 2,5 juta ton pertahun dan pabrik V ditingkatkan menjadi 3 juta ton per tahun.


(iwd/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!