Bakal Ada Tanggul 'Garuda Raksasa' di Teluk Jakarta, Ini Tahap Pembangunannya

Jakarta -Pekan depan, tepatnya 9 Oktober 2014, pemerintah akan memulai pembangunan atau I proyek tanggul Garuda Raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Tahap pertamanya, adalah bendungan sepanjang 8 km di Teluk Jakarta.

Demikian diungkapkan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, usai rapat koordinasi dengan para menteri dan pemerintah daerah di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (3/10/2014)


"Dari NCICD ini, pembangunan dimulai dengan bendungan sebagai tahap 1 sepanjang 33 km. Dibangun awal itu sepanjang 8 km," ujar pria yang akrab disapa CT ini.


Pembangunan awal ini akan diprakarsai oleh pemerintah pusat, yang diwakilkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anggaran yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 3,2 triliun.


"Pembiayaannya masing-masing 50%. Jadi Pemerintah pusat Rp 1,6 triliun dan Pemprov DKI Rp 1,6 triliun. Anggarannya akan masuk pada APBN 2015 mendatang," sebutnya.


Pembangunan bendungan ini harus selesai dalam waktu selama 3 tahun. Ini merupakan kebutuhan mendesak, mengingat ancaman banjir, akibat turunnya permukaan tanah dan meningkatnya air laut semakin dekat.


"Rapat sepakat 33 km ini dinding penahan air harus bisa diselesaikan dalam 3 tahun. Kenapa? Karena kebutuhan mendesak," paparnya.


Sisa pembangunan bendungan akan melibatkan pihak swasta atau pengembang.


"Sisanya dibangun oleh developer. Nanti diberi kesempatan untuk reklamasi tanah dilepas dari bendungan tadi yang berjarak 300 km dari bendungan," kata CT.‎


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!