Dapat Duit Rp 110 Triliun Dari Alibaba, Yahoo Ingin Beli Snapchat

San Francisco -Setelah dapat dana segar dari penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) Alibaba, Yahoo kini melirik gabung dalam penawaran saham Snapchat, aplikasi berbagai pesan di ponsel yang belum lama berdiri.

Yahoo akan berpartisipasi dengan beberapa perusahaan lain yang menggalang dana untuk membeli Snapchat, seperti diberitakan Wall Street Journal dan dikutip AFP, Sabtu (4/10/2014).


Pasca IPO Alibaba, Yahoo keciptaran dana segar sebesar Rp 110 triliun. Dana ini yang akan digunakan untuk membeli Snapchat yang kabarnya punya kapitalisasi pasar US$ 10 miliar (Rp 110 triliun).


Yahoo membeli 40% saham Alibaba pada 2005 lalu seharga US$ 1 miliar. Yahoo sempat beberapa kali melepas saham Alibaba demi mendapatkan dana segar sekitar Rp 63 triliun di 2012 lalu.


Setelah Alibaba IPO, kepemilikan saham yaho tersisa 16,3%. Menurut kabar yang beredar, Alibaba juga berminat gabung di akuisisi Snapchat ini.


Sejak diluncurkan September 2011, Snapchat, semakin populer di kalangan anak muda. Aplikasi yang dirilis mahasiswa Universitas Stanford ini pernah menolak untuk dibeli Facebook karena tawaran US$ 3 miliar (Rp 33 triliun) dianggap terlalu murah.


(ang/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!