Ini Petuah Dahlan Iskan Bagi Pengusaha Muda

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berbagi petuah kepada para pengusaha muda binaan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Menurut Dahlan, pengusaha tak boleh banyak mengeluh, karena keluhan jadi pengusaha tak pernah ada habisnya.

Sebagai seorang yang berlatar belakang pengusaha, Dahlan memberi wejangan supaya usaha bisa sukses harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan tak sering mengeluh.


"Saya ingat dulu pengusaha kecil selalu ngomel, sebaiknya kita diberi ikan, setelah diberi ikan, sebaiknya kita diberi pancingan, setelah diberi pancingan, sebaiknya kita diberi tempat mancingnya, setelah diberi tempat mancing, ngomong lagi kenapa orang lain pancingannya lebih besar," kata Dahlan saat meresmikan Rumah Mandiri Inkubator Bisnis, Jalan Iskandarsyah, Blok M, Jakarta, Jumat (3/10/2014).


"Terus begitu. Intinya keluhan itu tak pernah ada habisnya. Jalankan (usaha) saja," nasihat Dahlan.


Dahlan, yang juga mantan Bos PLN ini mengatakan, selain fokus, menjadi pengusaha harus dijalankan sendiri, sulit untuk dijalankan secara sembilan, karena menurutnya sangat berisiko kena tipu.


"Itu kenyataan bisnis yang anda semua pasti mengalami itu. Jadi harus dijalankan sendiri," katanya.


Dia juga menyebut, tak sedikit pengusaha yang sukses karena perasaan malu. Rasa malu menurutnya bisa membawa seseorang pada kesuksesan.


"Kadang pengusaha maju kalau malu. Malu sama kakak ipar, malu sama keluarga, malu sama mertua. Malau kalau tidak berhasil," katanya.


Dia pun bertekad, setelah masa baktinya sebagai menteri berakhir, dirinya akan kembali menjadi pengusaha. Dia akan mengembangkan usaha sociopreneur, kegiatan sosial yang dijalankan secara bisnis. Dia berjanji tak akan kembali ke perusahaannya.


"Karena tidak mungkin saya kembali ke perusahana saya, sudah 8 tahun lebih saya tinggalkan. Saya tinggalkan itu majunya luar biasa. Kalau saya kembali saya akan menghancurkan perusahaan itu," tutupnya.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!