Terminal Penumpang Modern Pelabuhan Tanjung Perak Terinspirasi dari Miami

Jakarta -PT Pelindo III (Persero) membangun terminal penumpang modern Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Pembangunan terminal pelabuhan yang menelan biaya Rp 160 miliar ini dirancang memiliki fasilitas dan layanan seperti bandara.

Ide merancang pelabuhan modern sekelas bandara ini terinspirasi oleh terminal pelabuhan kapal pesiar (cruise) yang ada di Miami, Amerika Serikat. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto kepada detikFinance, Minggu (5/10/2014).


"Interior dalam terminal mengadopsi pelabuhan cruise di Miami. Bentuk lekuk-lekuknya di atas, kita adopt dari terminal cruise di sana," kata Edi.


Selain interior yang mengadopsi pelabuhan kapal pesiar dunia, sistem layanan dan keamanan pelabuhan penumpang modern Tanjung Perak ini juga mengadopsi bandara.


Terminal pelabuhan ini dilengkapi security check point, check in counter, eskalator di boarding lounge, hingga fasilitas garbarata (pintu antara terminal dan kapal).


Selama ini hal-hal tersebut tidak diterapkan pada terminal pelabuhan. Terminal ini sendiri bisa menampung hingga 4.000 penumpang.


"Supaya menarik penumpang dan bikin mereka (penumpang) nyaman," ujar Edi.


Pembangunan terminal pelabuhan sekelas bandara ini juga bertujuan memberi pelayanan terbaik kepada penumpang kapal yang berasal dari masyarakat menengah-bawah. Perseroan juga mengedukasi penumpang tentang sistem keamanan dan check in yang selama ini tidak pernah ditemui di pelabuhan penumpang.


"Kita edukasi sistem check in dan boarding yang selama ini nggak mudah. Agar perilaku penumpang laut untuk tidak berdesak-desakan hingga terinjak-injak," ujarnya.


Bahkan rancangan terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak ini mengadopsi teknologi dan bangunan ramah lingkungan (green building). "Seperti pengolohan air limbah, diolah lagi untuk sanitasi di toilet," katanya.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!