Kerja Selama 44 Tahun, Bos Sido Muncul Jadi Orang Terkaya ke-44 di RI

Jakarta -CEO PT Sido Muncul Tbk (SIDO) Irwan Hidayat menempati peringkat ke-44 orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 660 juta atau hampir Rp 8 triliun.

Ada yang menarik, daftar angka ke-44 tersebut ternyata sama dengan lama usia kerjanya di Sido Muncul yang sudah mencapai 44 tahun. Ia dan 4 adik-adiknya, termasuk ibunya sebagai pemegang saham dan membesarkan Sido Muncul.


"Saya kerja di Sido Muncul sudah 44 tahun, sejak 1970. Jadi direktur dari awal, sekarang direktur. Saya kerja nggak ngerti dan pikirkan jabatan, itu perusahaan keluarga kok," kata Irwan kepada detikFinance, Kamis (4/12/2014).


Irwan sempat terkejut dengan angka-angka tersebut yang seolah-olah menjadi kebetulan. Namun Irwan yakin apa pun yang sudah terjadi telah diatur oleh Tuhan.


"Saya bukan soal percaya, kenyataannya seperti itu. Memang seperti kebetulan, padahal di dunia nggak ada yang kebetulan, sudah diatur sama Tuhan," kata pria kelahiran Yogyakarta, 23 April 1947 ini.


Menurutnya sebagai pengusaha, kerja keras merupakan kunci keberhasilan. Hal ini lah yang masih ditunjukkan oleh sang bunda yang sudah 87 tahun, namun tetap bekerja membantu bisnis Sido Muncul.


"Ibu saya masih ada dan bekerja, masih bantu-bantu masih kerja. Beliau yang pegang resepnya (jamu). Makanya kenapa kok aku ya yang dimasukkan dalam Forbes. Mungkin karena aku sering muncul," katanya.


Nama Irwan Hidayat juga menjadi pendatang baru di daftar Forbes, tepatnya di peringkat 44. Kekayaannya mencapai US$ 660 juta atau hampir Rp 8 triliun.


(hen/hds)