Susi Pudjiastuti: Saya Tak Pernah Katakan Tidak Bisa

Jakarta, detikFinance -- Dalam acara d'Preneur with BRI yang berlangsung malam ini, kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pendiri maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengundang animo peserta untuk melontarkan pertanyaaan.

Salah satunya datang dari Aji asal Jakarta. Ia meminta tanggapan Susi terkait rencana pengembangan potensi kelautan dengan industri kreatif. Karena dua hal ini menurutnya memiliki potensi yang sangat besar.


Bagaimana jawaban Susi?


Susi menjelaskan, orang Indonesia sangat kreatif dalam mengelola sesuatu. Apalagi ibu-ibu yang berada di daerah. Kadang apapun yang diolah bisa menjadi uang.


"Sebetulnya Indonesia paling jago ibu-ibu di daerah. Apa saja bisa dilakukan jadi uang," ungkapnya di Gedung Lemhanas, Jakarta, Senin (23/3/2015).


Akan tetapi, terkadang usaha yang dijalankan tidak berkembang dan tumbuh. Pasalnya, ada hal-hal yang kurang dijalankan seperti disiplin dan konsistensi.


"Cuma disiplin dan konsistensi yang menentukan," tegasnya.


Di samping itu, kata Susi, harus ada niatan kuat dalam mencapai target. Sepanjang hidupnya sebagai pengusaha, Susi mengaku tidak pernah mengatakan tidak bisa.


"Kalau saya tidak pernah katakan tidak bisa. Coba coba lagi," ujarnya.