Tips Sukses dari Susi: Kerja Tak Boleh Biasa-biasa Saja

Jakarta, detikFinance -- Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sukses membangun bisnis aviasi atau penerbangan dan perikanan untuk tujuan ekspor.

Namun untuk mencapai kesuksesan hingga punya 50 pesawat terbang Susi Air, Susi sering gagal dan ditipu orang. Ia punya prinsip, bagi seorang pengusaha tak boleh bekerja biasa-biasa saja.


"Kalau ditanya gagal berusaha, dulu saya sering gagal, sering ditipu orang juga, tapi saya bangkit dan terus jalan," ujar Susi di acara d'Preneur with BRI, di Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2015).


Susi menjawab pertanyaan dari peserta d'Preneur dari Bima, NTB yang menanyakan tips sukses membangun usaha sepertinya.


"Saya itu tidak punya tips khusus, saya kan nggak lulus sekolah, tidak banyak pilihan. Lain orang punya ijazah bagus, banyak peluang, banyak pilihan," ujarnya.


Menurut Susi, ketika dirinya tidak punya banyak pilihan tersebut, justru menjadi fokus dalam berusaha di bidang yang digelutinya terutama di sektor perikanan.


"Fokus berusaha, disiplin, usahanya tidak boleh besar pasak daripada tiang, terus inovasi, pakan ikan saya bikin sendiri. Intinya kita tidak boleh kerja biasa-biasa karena hasilnya akan biasa. Usaha ikan saya tidak pakai bahan kimia, kita harus bisa berbeda dengan usaha orang lain," tutupnya.