Ini Motivasi Susi Bagi Pengusaha Pemula yang Sulit Dapat Modal

Jakarta, detikFinance -- Dalam acara d'Preneur with BRI, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat pertanyaan peserta. Seorang peserta d'Preneur bernama Peter dari Papua, mengaku punya kendala mendapatkan modal termasuk dari bank.

Menurut pendiri Susi Air ini, memang tak mudah bagi pengusaha pemula untuk mendapatkan modal dari bank. Meskipun sulit, yang paling penting adalah kesungguhan menjadi seorang pengusaha.


"Saya juga dulu cari modal kesulitan, semua dialami pengusaha, akses perbankan memang sulit, saya juga begitu, tapi sekarang sudah lebih mudah, dulu saya 4 tahun keliling jualan proposal untuk jualan ikan, nggak ada yang beli, nggak ada yang percaya, tapi setelah usaha berhasil, mereka mau minjemin. Tapi tetap kesungguhan," ujar Susi di Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2015).


Susi menjelaskan masyarakat Papua punya kendala yang lebih besar untuk bisa mengembangkan usahanya karena faktor daya jangkau yang sulit. Namun kendala tersebut harus dijadikan sebagai peluang untuk bisa berkembang sebagai pengusaha.


"Keterbelakangan transportasi, itu sebetulnya opportunity, tapi di sana 1 kabupaten triliunan anggarannya, walaupun cost transport tinggi dan jalan susah, cost pesawat mahal tapi good will pemerintah di sana besar, jadi ini bisa dijadikan peluang," jelasnya.


Selain itu, laut Papua kaya akan hasil laut, sehingga jadi potensi utama masyarakat di Papua.


"Kita akan development nelayan Papua untuk bisa kembangkan, dari sisi UMKM juga, masyarakat perlu mulai bentuk organisasi jadi bentuk dari pasarnya dan lain-lain, kalau individual akan susah. Koperasi mungkin lebih mudah mendapatkan pendanaan. Pemerintah dan masyarakat harus konsolidasi," imbuh Susi.