BUMN Manakah yang Membayar Gaji Pegawainya Paling Rendah?

Jakarta - Banyak BUMN yang menawarkan gaji tinggi, bahkan untuk seorang fresh graduate atau pekerja baru lulus studi. Lalu, BUMN manakah yang membayar gaji karyawan terendah di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyebut BUMN pertanian yaitu PT Sang Hyang Seri (Persero) yang paling rendah menggaji karyawannya diantara BUMN-BUMN lain. Menurut PT Sang Hyang Seri (Persero) menggaji karyawan hanya Rp 900.000/bulan.


"Paling rendah ya SHS (PT Sang Hyang SerI) itu," kata Dahlan saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2013).


Beberapa waktu lalu, Dahlan mengunjungi BUMN ini di daerah Sukamandi, Subang Jawa Barat. Ia mendapati beberapa pegawai yang digaji hanya Rp 900.000/bulan. "Ketahuan di sana gajinya kecil sekali. Ada yang Rp 900.000/bulan. Saya langsung perintahkan direksinya, sekarang naik 2 kali lipat," tegas Dahlan.


Dahlan tidak menampik adanya kesenjangan gaji antara BUMN-BUMN besar jika dibandingkan dengan BUMN yang kecil-kecil. Namun menurutnya, hal tersebut tidak bisa dipersoalkan.


"Kalau Pertamina, Mandiri itu kan omzetnya besar, jangan disamakan lah. Masing-masing punya sistem sendiri-sendiri," kata Dahlan.


Meski demikian, dia mengaku tidak mengetahui BUMN mana yang menggaji karyawannya paling besar. "Kalau yang besar-besar nggak urus aku," tutupnya.


Catatan detikFinance, gaji direksi BUMN sektor perbankan bisa mencapai Rp 250 juta lebih per bulan. Sedangkan pegawai dasarnya sedikitnya Rp 2 juta per bulan.


(zul/hen)