Harga BBM Naik, Para BUMN Gelar Pasar Murah

Jakarta - Para BUMN akan bersinergi untuk mengadakan program bantuan kepada masyarakat miskin saat harga BBM subsidi naik. Program tersebut diberi nama pasar murah yang akan dipimpin oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan saat ditemui usai acara Pemberian Penghargaan Atas Kinerja dan Terobosan BUMN di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2013).


"(Kita akan adakan) Pasar murah, koordinatornya tetap BRI nanti," kata Dahlan.


Dikatakan Mantan Bos PLN ini, pasar murah akan digelar selama seminggu terhitung sejak kebijakan kenaikan BBM bersubsidi mulai berlaku. Belum dapat ditentukan BUMN mana saja yang akan ikut dalam program ini.


"Nanti diadakannya pas tanggal-tanggal kenaikan, selama 1 minggu," katanya.


Dahlan mengungkapkan mengenai lokasi, dan konsep pasar murah itu sendiri, belum ditentukan akan digelar di mana saja. Tapi menurutnya, pasar murah yang akan digelar tahun ini untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM tidak akan terlalu berbeda dengan yang pernah digelar Kementerian BUMN tahun lalu.


"Bukan di satu tempat. Ini sedang dirumuskan. Seperti yang dulu lah, tapi bedanya yang dulu kita sudah adakan tapi BBM-nya nggak jadi naik. Pokoknya kayak yang dulu," tegasnya.


(zul/hen)