Gita Wirjawan: Karen Agustiawan Cocok Jadi Kepala BKPM

Jakarta - Jabatan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini kosong karena Chatib Basri telah dilantik sebagai Menteri Keuangan.

Dirut PT Pertamina (persero) Karen Agustiawan disebut-sebut akan menduduki jabatan itu. Menteri Perdagangan sekaligus Mantan Kepala BKPM Gita Wirjawan menganggap sosok Karen cocok jadi Kepala BKPM yang baru.


"Bu Karen cocok (jadi Kepala BKPM) pokoknya siapapun yang dipilih itu pasti cocok," cetus Gita saat ditemui di Hotel Aryaduta Jakarta, Selasa (21/05/2013).


Namun Gita menekankan penguatan arus investasi baik dari dalam maupun luar negeri bagi calon Kepala BKPM yang baru. Lebih lanjut tantangan itu (mendatangkan investor) jauh lebih sulit karena krisis ekonomi global masih berdampak ke Indonesia.


"Sosok yang harus bisa mengerti pembuahan lapangan kerja di dalam negeri itu harus datang dari PMA (Penanaman Modal Asing) dan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri)," katanya.


"Tantangan BKPM, sentimen positif tetap harus berlanjut. Investasi itu durasi pemikirannya 10-15 tahun. Saya rasa banyak sekali dan bisnis investasi di Indonesia itu semakin seksi," tuturnya.


Namun Ia percaya Presiden SBY akan memilih sosok Kepala BKPM yang sesuai dengan kebutuhan dan tugas yang harus dijalankan.


(wij/dru)