Merasa Dituding Pro Freeport, Jero: Tidak Saya Pro Rakyat

Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akan memanggil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Rozik Boedioro Soetjipto terkait runtuhan tambang Big Gossan di Papua yang memakan 21 korban jiwa.

"Sekarang ada yang mengatakan, Pemerintah kok kayaknya pro sama Freeport. Tidak! Jadi saya pro rakyat, kita amankan karyawan yang kita evakuasi. Saya akan segera memanggil bos Freeport. Kita kirim tim investigasi," tegas Jero di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (21/5/2013).


Pemanggilan tersebut akan dilakukan oleh Jero secepat mungkin. Jero menegaskan, Freeport tidak boleh menyepelekan keselamatan pegawai.


"Ya, kita audit sistem keamanannya, sekarang inspektur tambang sudah disana. Tapi kan sekarang tugas utamanya adalah evakuasi dan Semua korban harus keluar!" ucapnya.


Sampai hari ini, lanjut Jero, sudah ada 7 jenazah yang berhasil dievakuasi. Sementara proses evakuasi masih terus terjadi dan diperkirakan akan selesai besok atau lusa. Jero memastikan korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit dibiayai oleh PT Freeport.


"Nanti investigasinya masih berjalan," ujarnya.


(rvk/dnl)