Pencari Kerja Lirik BUMN Ketimbang Perusahaan Swasta

Jakarta - Para pencari kerja atau karyawan yang ingin punya pekerjaan lain, lebih memilih melamar ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ketimbang swasta. Dengan berbagai alasan, perusahaan plat merah dinilai lebih menjanjikan dan memberikan kepastian kerja.

Seperti yang disebutkan oleh Ananda Putri. Wanita muda yang baru bekerja selama 1 tahun ini mengaku, meskipun telah bekerja di perusahaan swasta, ia lebih suka dan nyaman bekerja di perusahaan plat merah. Menurutnya, ia bisa memperoleh fasilitas serta tunjangan dan pensiun ketika bekerja sebagai karyawati BUMN.


"Kalau itu BUMN besar, saya lebih milih kerja di BUMN ketimbang swata," tutur Ananda Putri kepada detikFinance, Rabu (22/5/2013).


Hal senada diakui oleh Kekey. Karyawati perusahaan swasta ini mengaku, meskipun gaji yang diterima di BUMN lebih kecil daripada swasta, tetapi tunjangan di BUMN lebih tinggi ketimbang. Hal ini membuatnya, tetap ingin bergabung atau mendaftar kerja di BUMN.


"Karir menurut aku sama saja antara swasta dan BUMN. Yang aku dengar swasta lebih cepat naik daripada BUMN tapi buat aku lebih menjanjikan di BUMN. BUMN ada jaminan hari tua kalau kerja. Kalau swasta kan kurang menurut aku," tambahnya.


Serupa dengan pengakuan Kekey, Satwika seorang karyawati muda ini menjelaskan, dirinya tertarik bergabung dengan BUMN besar seperti PT Pertamina (Persero) atau PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).


Diakuinya, secara kesejahteraan dan pengembangan karir perusahaan besar tersebut setara dengan perusahaan asing seperti Chevron yang beroperasi di Indonesia.


"Kalau BUMN besar, saya pilih kerja di BUMN," sebutnya.


Pernyataan tersebut diperkuat oleh penilaian Praktisi Manajemen dari Universitas Indonesia, Rhenald Kasali. Rhenald menjelaskan, BUMN-BUMN besar saat ini seperti Pertamina dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menawarkan gaji tinggi dan program pengembangan karir yang baik sehingga menarik orang untuk ramai-ramai mendaftar sebagai calon karyawan. Menurutnya, ada berbagai lini sektor BUMN yang saat ini, menjadi incaran para pelamar kerja.


"BUMN besar itu kan gajinya besar. Kalau kerja di Bank Mandiri pendapatannya lebih besar dari BCA. Sudah begitu karir mereka perkembangannya bagus, bahkan bisa dikembangkan sekolah ke luar negeri," tutur Rhenald.


(feb/ang)