Total Korban Jiwa Runtuhan Tambang Freeport di Papua 28 Orang

Jakarta - Korban tewas akibat runtuhan tambang bawah tanah Bog Gossan milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua total menjadi 28 orang. Emergency Response Team berhasil mengevakuasi dan mengidentifikasi pekerja terakhir yang terkubur dalam reruntuhan pada pagi dini hari tadi.

“Kami terus dalam keadaan berkabung bersama dengan keluarga, bahkan saat kami telah selesai menutup satu bagian yang menyedihkan terkait dengan insiden Big Gossan ini,” kata Presiden Direktur PTFI, Rozik B. Soetjipto.


“Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan penanganan yang terbaik serta dukungan bagi yang cedera dan keluarga yang berduka,” tambahnya.


Terdapat 38 pekerja yang berada dalam ruang kelas di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan saat runtuhnya sebagian terowongan pada pukul 7:30 pagi waktu setempat, tanggal 14 Mei.


Emergency Response Team telah berhasil untuk menyelamatkan 10 orang pekerja namun sangat disayangkan mereka tidak dapat menyelamatkan 28 orang pekerja yang tertimbun reruntuhan di dalam ruang kelas.


Sejak terjadinya insiden tersebut, Emergency Response Team PTFI telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih tertimbun. Usaha penyelamatan mereka menjadi lebih sulit karena terbatasnya ruang dalam terowongan dan dan risiko runtuhan atap lebih lanjut di lokasi.


Hari ini, PTFI akan melakukan dengan upacara bela sungkawa yang akan dilaksanakan di Kantor Freeport di Jakarta dan Papua. Sementara 10 pekerja yang berhasil diselamatkan kini dilaporkan tengah dalam kondisi yang stabil.


Daftar lengkap korban jiwa dari insiden Big Gossan adalah:



  1. Aan Nugraha

  2. Amir Tika

  3. Aris Tikupasang

  4. Artinus Magal

  5. Daniel Tedy Eramuri

  6. David Gobai

  7. Febry Tandungan

  8. Ferry Edison Pangarbuan

  9. Frelthon Wantalangi

  10. Gito Sikku

  11. Hengky Ronald Hendambo

  12. Herman Susanto

  13. Jhoni Michael Ugadje

  14. Joni Tulak

  15. Lestari Siahaan

  16. Lewi Mofu

  17. Ma’mur

  18. Mateus Agus Marandof

  19. Muntadhim Ahmad

  20. Petrus Frengo Marangkerena

  21. Petrus Padak Duli

  22. Retno Bone

  23. Rooy Rogers Kailuha

  24. Selpianus Edowai

  25. Suleman

  26. Victoria Sanger

  27. Wandi

  28. Yapinus Tabuni


(ang/dnl)