Ada THR dan Tunjangan Lainnya, Upah Buruh RI Lebih Besar dari Thailand dan Filipina

Jakarta - Wakil Ketua Umum Kadin Jakarta Sarman Simanjorang membantah pernyataan Ketua Umum KSPI Said Iqbal yang menganggap upah buruh di Indonesia lebih rendah dari pada di Thailand dan Filipina. Sarman menegaskan UMP buruh di Indonesia malah lebih tinggi dari negara-negara tadi.

Sarman menuturkan, besaran UMP yang diterima buruh sekarang belum termasuk upah-upah yang lain seperti uang transportasi, uang makan juga tunjangan kesehatan, THR dan lain-lain.


"Kalau menurut hemat saya kita lebih tinggi dari mereka. Misalnya UMP kita ditambah transport, dapat tunjangan kesehatan, uang makan," kata Sarman kepada detikFinance, Senin (30/9/2013).


Sarman menanggapi pernyataan Said Iqbal terkait UMP di Thailand mencapai Rp 2,8 juta dan di Filipina mencapai Rp 3,2 juta. Sarman mengatakan, perhitungan tersebut sudah mencakup keseluruhan tambahan upah.


"Artinya itu sudah include semua. Sedangkan UMP baru gaji pokoknya saja. kita ditambah lagi uang makan, dapat uang transport, dapat tunjangan kesehatan THR tahunan itu di sana sudah semua," katanya.


Ia menghitung dengan UMP di Jakarta Rp 2,2 juta dengan tunjangan lainnya maka UMP di Jakarta lebih tinggi dari negara-negara tetangga lainnya. "Saya pikir bisa Rp 3 jutaan. Kita lebih tinggi justru," katanya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!