Pertumbuhan Ekonomi RI Tertinggi Dibandingkan Negara-negara G20

Jakarta -Krisis Global yang melanda dunia saat ini membuat pertumbuhan ekonomi banyak negara melambat, termasuk Indonesia yang diperkirakan hanya akan mencapai 5,7%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia akhirnya rontok di bawah 6% setelah beberapa tahun terakhir selalu di atas 6%.

Walaupun turun dan hanya mencapai 5,7%, tetapi pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara berkembang lainnya termasuk para anggota G20 yang merupakan kumpulan negara-negara yang ekonominya terbesar di dunia.


"5,7% itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara setara yang hanya mencapai 3,4%-3,6% tahun ini, dan tetap tertinggi diantara negara-negara G20," kata Gubernur Bank Indonesia ditemui di acara Pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah, di Lapangan Silang Monas, Minggu (17/11/2013).


Agus mengungkapkan ekonomi Indonesia 2013 diperkirakan hanya akan mencapai 5,7% atau turun dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada 2012 yang mencapai 6% lebih.


"Pertumbuhan ekonomi global pada 2013 cenderung melambat dibandingkan perkiraan awal tahun, saat ini ekonomi Amerika Serikat mulai menguat dan ekonomi Eropa berpeluang lepas dari krisis sementara ekonomi negara berkembang justru melambat," katanya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!