Maskapai Bangkrut Ini Kembali ke Lantai Bursa

New York -Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS), American Airlines, kembali ke lantai bursa. Hari Senin waktu setempat, sahamnya dicatatkan kembali di papan bursa setelah sempat keluar gara-gara bangkrut pasca krisis 2008 silam.

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (10/12/2013), maskapai ini bisa hidup kembali setelah merger dengan US Airways dan menjadi perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Dua maskapai ini sekarang punya penumpang lebih banyak dari kompetitornya, United Continental Holdings (UAL), yang juga terbentuk setelah merger.


Saham baru American Airlines ini diperdagangkan di Nasdaq dengan kode AAL. Mayoritas sahamnya dipegang oleh mantan kreditur dua perusahaan tersebut. Saham baru ini naik 7% pada perdagangan perdananya.


Merger dua perusahaan ini masih belum terasa sampai tahun depan. Kedua penumpang masih membeli tiket atas nama American Airlines dan US Airways. Kegiatan operasi dan pembelian tiket baru akan digabung 2014.


Mantan CEO US Airways, Doug Parker, sekarang memimpin perusahaan hasil merger ini. Ia menyatakan merger ini tidak akan membuat harga tiketnya naik, dan rute yang selama ini dioperasikan pun tidak berkurang.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!