Rupiah Menguat Terhadap Dolar, MS Hidayat: Orang Percaya RI Stabil

Jakarta -Hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami penguatan. Dolar sore ini berada di Rp 11.700, dari penutupan akhir pekan lalu Rp 11.800. Pemerintah menyatakan, investor di sektor keuangan percaya diri kondisi Indonesia stabil di tengah Pemilu.

"Semua orang yakin tidak akan apa-apa, itu menunjukkan ada confidence (kepercayaan diri) terhadap stabilitas. Akan lebih stabil kalau yang menang si A atau si B. Menurut saya kalau prosesnya benar ya akan tetap stabil, karena orang yang takut itu karena stabilitas, itu dijamin oleh TNI/Polri dan negara," tutur Menteri Perindustrian MS Hidayat, di kantornya, Jakarta, Senin (7/7/2014).


Namun terhadap investasi di sektor riil, Hidayat mengakui, investor saat ini dalam kondisi menunggu proses pemilihan presiden berakhir.


Menurut Hidayat, bila pada pilpres 9 Juli dan hingga sore kondisi stabil, maka stabilitas politik bakal makin pulih.


"Jadi kondisi sekarang ini merefleksikan siapapun yang menang, dia menghasilkan ketenteraman dan stabilitas, karena dunia usaha hanya membutuhkan stabilitas," jelas Hidayat.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!