Bagaimana Caranya Cari Mitra Usaha untuk Pemula?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca Yudha Yaniari SP: Saya masih mahasiswa, ada rencana untuk mendirikan sebuah coffee shop. Karena masih pemula, belum ada gambaran lokasi dan bagaimana memulai usaha tersebut.

Untuk modal tentu harus dipirkan kembali. Namun saya berencana mengerjakannya tidak sendiri tapi dengan rekan. Kira-kira rekan yang seperti apa yang bisa saya ajak untuk memulai bisnis? Mohon nasihatnya untuk ide usaha saya tersebut. Terima kasih


Jawaban: Dear Yudha,


Untuk memulai bisnis ada baiknya memang untuk mencari rekan bisnis dengan tujuan agar bisa menjalankan bisnis bersama-sama, saling mengisi setiap kebutuhan yang tidak bisa dijalankan jika hanya menjalankan bisnis sendirian.


Beberapa tips dari saya untuk mencari rekan untuk diajak memulai bisnis bersama adalah :


- Carilah rekan bisnis yang mempunyai semangat/passion dan visi yang sama dengan Anda sehingga bisa berjalan bersamaan mencapai tujuan/impian. Mencari rekan bisnis, tidak berbeda jauh dengan mencari pasangan hidup, harus ada kecocokan, dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa saling mengisi.


- Faktor kejujuran/integritas dari calon rekan bisnis adalah sangat penting. Carilah rekan yang jujur dan terbuka kepada Anda. Rekan bisnis tidak untuk sesaat namun untuk jangka panjang sehingga faktor ini mutlak harus dipenuhi dari rekan yang kita akan pilih. Kredibilitas yang jelas dan latar belakang yang Anda ketahui dari calon rekan bisnis Anda akan sangat menentukan untuk Anda mengambil keputusan.


- Dalam menjalankan bisnis Anda akan dituntut adanya pembagian tugas yang jelas. Untuk itu masing-masing rekan bisnis harus mempunyai kemampuan, kapabilitas atau keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda dan untuk menutupi kekurangan yang ada di diri Anda. Ada juga rekan bisnis yang hanya mempunyai kemampuan dana sebagai modal awal. Buatlah pembagian tugas yang jelas dan tertulis. Buat juga kesepakatan yang jelas dan tertulis untuk pembagian hasilnya. Bicarakan pula diawal dengan saling jujur jika terjadi wanprestasi di tengah perjalanan usaha kelak yaitu bagaimana pembagian asset dan pembagian kerugian jika terjadi.


- Pilihlah calon rekan bisnis yang mempunyai perasaan saling memiliki. Sehingga ia akan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa pun yang terjadi pada bisnis yang dilakukan bersama. Dalam memulai usaha bersama, diperlukan kerja keras bersama-sama di awal, dengan memilih rekan yang mempunyai rasa memiliki, kita akan terhindar dari pikiran: ada yang bekerja keras dan ada yang tinggal menikmati hasil saja. Pikiran seperti ini yang akan mudah memecah belah antar rekan bisnis.


Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencari rekan bisnis Anda.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!