Banyak Antrean di SPBU, Pertamina Tegaskan Tak Ada Kelangkaan BBM

Jakarta -Terjadi antrean panjang kendaraan yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU di beberapa daerah seperti Pantura Jawa Barat dan wilayah lainnya. Namun PT Pertamina membantah terjadi kelangkaan BBM subsidi di berbagai SPBU.

"Tidak ada kelangkaan BBM, di mana? sampai sekarang tidak ada laporan kelangkaan," ujar Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir dihubungi detikFinance, Senin (25/8/2014).


Ali menegaskan, setiap hari Pertamina rutin memasok BBM termasuk BBM subsidi ke SPBU, dan selalu memantau pasokan BBM selalu tersedia untuk masyarakat.


"Yang terjadi saat ini kan, masyarakat mau isi BBM subsidi (premium/solar), sementara jatah BBM subsidi di SPBU kami kontrol atau batasi," ujar Ali.


"Jadi kalau premium dan solar subsidinya sudah habis jatahnya, maka habis dan tidak bisa ditambah, baru akan dipasok lagi esok harinya. Tapi, walau BBM yang bersubsidi habis stok, BBM non subsidi selalu tersedia, jadi tidak ada kelangkaan BBM di SPBU," tambahnya.


Ali mengungkapkan, saat ini Pertamina terpaksa memangkas jatah BBM subsidi tiap SPBU untuk premium dikurangi 5% dan solar subsidi dikurangi 20%.


"Jadi misalnya satu SPBU biasanya jatah solar subsidinya 10.000 kilo liter per hari sekarang hanya 8.000 kilo liter per hari. Kalau itu tidak kita lakukan maka jatah BBM subsidi tidak akan cukup sampai akhir tahun," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!